Rabu, 25 November 2015

LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG MGMP JAWA TIMUR

Konnichiwa Minna !!!! Selamat Siang Semua !!!!

#Japanese Speech Contest MGMP Jawa Timur

Di tulisan ini saya kembali menuliskan pengalaman saya dalam mengikuti Lomba Bahasa Jepang MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Jepang Jawa Timur di tahun 2011. Ini merupakan lomba paling banyak peminatnya karena hadiahnya adalah GO TO JAPAN for free!!!! Iya pergi ke Jepang gratis!!! Tentu Bukan hal yang mudah ya, karena semua peserta sangat baik dan persaingan semakin ketat :)

Well, saat itu saya mendapat pengumuman bahwa lomba akan diadakan pada tanggal 30 Januari 2011. Tentu saya sangat terkejut karena saya hanya memiliki waktu 3 minggu untuk mempersiapkan lomba ini. Di lomba lomba sebelumnya saya minimal mempersiapkan 1-2 bulan sebelumnya, tetapi ini hanya selama 3 minggu saja. Sedih rasanya :(

Demi hadiah yang membuat saya bermimpi untuk bisa berkunjung ke Jepang. Apapun akan saya lakukan demi mendapatkan itu :) Apapun maksutnya belajar berjuang dan berusaha :) Pada saat itu, sebenarnya saya dilema oleh beberapa faktor. Tidak adanya ijin dari sekolah karena saya hampir mengikuti ujian nasional sehingga sekolah tidak membiayai saya untuk mengikuti lomba tersebut. Kemudian karena waktu yang cukup singkat, maka saya tidak mungkin membuat naskah cepat dan rekaman dan harus mengirim ke tempat lomba yang kebetulan MAN TAMBAK BERAS JOMBANG yang menjadi tuan rumah waktu itu. Tapi guru saya Milla Sensei dan orang tua saya justru mendukung saya secara penuh. Dari situlah saya memulai mencari ide menarik apa lagi yang harus saya angkat, karena setiap lomba naskah harus berbeda dari yang sebelumnya. Saya akhirnya memutuskan untuk mengambil tema HURUF AKSARA JAWA dikarenakan ada keunikan dan ingin menunjukkan kalau Indonesia juga punya huruf huruf warisan leluhur :)

Setelah penulisan naskah, terjemahan, dan hafalan selama satu minggu, saya pun hanya memiliki waktu 3 hari batas pengiriman kaset rekaman saya, sementara yang saya tahu pengiriman naskah belum tentu sampai di hari yang tepat, salah salah saya bisa terlambat dan pupus harapan mengikuti lomba. Tapi lagi lagi orang tua saya mendukung penuh, mereka mengantar saya langsung sore itu bersama ibu, adik, dan tetanggaku ke MAN TAMBAK BERAS JOMBANG. Tidak tahu apa yang harus dilakukan malam malam ketika sampai di sekolah tersebut. Setelah 3 jam perjalanan dari kota saya ke Kota Jombang, dan sempat bingung dalam menemukan lokasi sekolah tersebut, akhirnya hujan lebat turun dan kami menemukan sekolah itu. Tapi apa daya, jam menunjukkan pukul 8 malam, dan kami hanya menemui satpam sekolah. Kamipun berdebat dan ingin menemui panitia lomba dan untungnya si satpam punya nomor telpon guru yang ingin saya cari. Sebuah anugerah yang saya dapat, selang 10 menit guru tersebut datang dan sayapun langsung menyerahkan naskah + kaset rekaman pidato saya. Syukur yang bisa saya ucapkan, karena saya secara resmi sudah lega akhirnya naskah+kaset saya sudah sampai di tempat tujuan. Akhirnya kami pulang ke Kota Probolinggo. Sungguh luar biasa orang tuaku dalam mendukung anaknya LOVE YOU ALL :*

Seperti biasanya mereka akan memilih 13 peserta terbaik dan akan diumumkan 2 hari setelah itu. Setelah beberapa hari menunggu akhirnya saya mendapat pengumuman bahwa saya lolos dan termasuk kedalam 13 besar peserta yang berhak tampil. ALHAMDULILLAH YA ALLAH :) Bersyukur sangattt!!!

Jombang, 30 Januari 2011 di MAN TAMBAKBERAS sayapun kembali mengikuti lomba pidato, dan lagi lagi bertemu dengan beberapa peserta yang sudah tidak asing lagi. Kami pun kembali tersenyum dan kembali bersaing hehehe. Dalam lomba kali ini, sepertinya agak tertutup dan juri juri yang berasal dari Jepang lebih banyak. Saya pun melakukan registrasi dan mendapat nomor 6. Okay alhamdulillah tidak menjadi peserta yang pertama tampil. Agak nervous dengan persiapan yang begitu singkat :)

Dan saya pun mulai berpidato tentang keunikan AKSARA JAWA dan juga makna maknanya. Mereka sepertinya sangat tertarik dengan kepercayaan diri saya, tetapi saya sangat tidak yakin dengan isi dan juga terjemahan bahasa jepang saya yang kurang maksimal. Setelah berpidato, it's time for judging, ya penjurian dan juri pertama dari Jepang lagi : Indora san, aksara jawa wo benkyousuru koto ga istu kara hajimemasuka? Dieeeeengggggg apa itu kata terakhir. Saya bingung dan minta diulangi, dan tetap tidak bisa menjawab. Lagi dan lagi saya harus sedih dan kecewa. Juri-juri selanjutnya saya bisa menjawab pertanyaan mereka denga baik. Okey mungkin pupus sudah harapanku bisa pergi ke Negeri Sakura tahun 2011 :(

Setelah lama menunggu, saya sempatkan untuk melihat arena lomba lainnya. Dan hape berbunyi, tak disangka sangka orang tuaku kembali datang ingin mendukung. YA ALLAH terima kasih Engkau memberikanku orang tua yang sangat baik hati dan selalu mendukung sepenuh hati :) Akupun datang dan menemui mereka di depan sekolah. Namun sayang, waktu itu aku harus kembali ke ruangan lomba dan berkumpul kembali dengan yang lain. :(

Setelah selesai semua lomba, semua orang berkumpul di halaman sekolah dan waktunya pengumuman. Pada saat itu hati saya sudah tidak karuan rasanya. Aku hanya duduk sendiri dan sedikit menyesal. Dimulai dari juara Harapan 3 yaitu 6 besar diaraih olehhhh.......INDRA HADIYANTO dari SMAN 4 KOTA PROBOLINGGO. Aku langsung terdiam, sampai salah satu temanku memanggil "Ndra dipanggil, cepat maju". Aku sangat kecewa dan sangat tidak menyangka karena iya aku mendapat juara harapan 3 kali ini. Aku hanya meminta maaf pada guruku dan orang tuaku. Rasanya sedih, kecewa, menyesal dan pupuslah sudah harapanku untuk bisa pergi ke Jepang. Tapi ya inilah hidup terkadang kita diatas, dan suatu saat kita dibawah. Mungkin saat itu belum waktunya aku pergi kesana. Dan aku harus tetap bersyukur karena setidaknya aku masih bisa membawa piala untuk keluarga dan sekolahku :)

Alhamdulilah masih dapat juara :)


Piagam Penghargaan


Dari sini saya belajar, belajar untuk lebih bersabar dan belajar untuk ikhlas menerima hasil yang sudah kita lakukan. Saya yakin akan MAN SABBARA ZAFIRRAH yaitu Orang yang Bersabar Akan Beruntung. Dan saya tidak akan pernah berhenti belajar untuk bisa meraih mimpi saya untuk bisa pergi ke Negeri Jepang ! GANBATTE KUDASAI !!! SEMANGATTTTT !!!!














Tidak ada komentar:

Posting Komentar