Rabu, 25 November 2015

LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG

OHAYOU GOZAIMASU minna san :) Selamat Pagi Semuanya :)

 #Japanese Speech Contest 2010 Universitas Negeri Surabaya

 
Okey jumpa lagi sama saya Indra Hadiyanto di My Journey Blog hahaha :D
Sebelumnya saya sudah menceritakan pengalaman saya ketika mengikuti Lomba Story Telling Bahasa Jepang berikut ini http://indrahadiyantojourney.blogspot.co.id/2015/11/story-telling-bahasa-jepang-japanese.html. Nah, sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya di tahun yang sama yaitu ketika saya mengikuti Lomba Pidato Bahasa Jepang di Universitas Negeri Surabaya pada tahun 2010 dan Pidato MGMP Jawa Timur pada tahun 2011. Festival Tahunan ini bernama JAPAN POP CULTURE yang selalu diadakan oleh UNESA. 

Pamflet JPC 2010

Setelah mendapatkan juara pertama kali dalam lomba bahasa jepang, membuat hati saya semakin haus juara. Dan pada saat itu saya terus mencari jadwal lomba-lomba bahasa jepang di Jawa Timur. Pada bulan November 2010, saya menemukan info bahwa akan diakan lomba pidato bahasa jepang di Universitas Negeri Surabaya, salah satu universitas yang memiliki jurusan bahasa jepang yang sangat bagus. Well, mulailah saya merancang ide untuk tampil pada saat pidato yang akan diselenggarakan pada 14 November 2010 tersebut. Hanya 2 bulan yang aku punya, akhirnya saya memantapkan hati memilih "TEMBANG" (lagu khas Jawa) untuk saya angkat pada pidato saya kali ini. 

Untuk bisa tampil di Universitas Negeri Surabaya,saya diharuskan mengirim naskah pidato bahasa Indonesia dan juga bahasa Jepang. Tidak hanya itu, saya juga diwajibkan mengirim hasil rekaman suara berpidato saya kepada panitia, dikarenakan mereka hanya memilih wakil yang sesuai dengan kriteria.Saya dan Milla Sensei serta Nina Sensei berusaha keras menerjemahkan naskah yang telah saya buat dan setelah latihan keras setiap hari saya memberanikan diri untuk proses rekaman di studio milik Mas Nandra (alumni bahasa sma 4 juga). Thanks to Mas Nandra yang sabar menunda siaran radionya karena saya gunakan untuk rekaman #berasapenyanyiterkenal hahahaha :D

Setelah naskah pidato dan kaset rekaman saya kirim, 2 minggu sebelum lomba, tibalah pengumuman siapa yang lolos dan berhak tampil di Universitas Negeri Surabaya dan jreng jreng, nama saya pun ada disana. Dan sayapun semakin giat latihan dan berusaha keras :)

Surabaya, 14 November 2010, bertempat di Gedung Pertunjukan Sawunggaling Universitas Negeri Surabaya, semua peserta lomba dari seluruh Jawa Timur berkumpul. Kebetulan lomba tidak hanya pidato, tetapi ada lomba menghafal kanji, cerdas cermat budaya Jepang, dan lain-lainnya. Tapi yang ditunggu-tunggu adalah lomba pidato atau BENRON TAIKAI. Setelah melakukan registrasi di pintu masuk, saya mengambil nomor urut tampil dan pada saat itu saya mendapat urutan ketiga. Lagi-lagi angka yang saya suka, karena gak tau saya suka angka 3 hahaha :D

Memasuki gedung, seperti biasa rasa nervous pasti melanda. Apalagi ternyata kapasistas gedung ini bisa mencapai ribuan orang. Lama lama waktunya lomba akan dimulai, dan 10 peserta yang lolos berjajar sesuai urutan nomor undian. Sepertinya ada beberapa wajah peserta yang tidak asing lagi, Ya ada peserta yang menjadi peserta lomba bahasa jepang sebelumnyadi universitas lain, tapi dia didiskualifikasi karena tidak fair, dan aku kini bertemu kembali. Okay saatnya lomba dimulai :0

Kedua peserta sebelum aku tampil memukau, dan kini tiba saatnya aku. Dengan modal percaya diri dan keunikan tema yang aku bawakan, aku yakin aku pasti bisa tampil maksimal. Aku turun dari tempat duduk dan naik menuju panggung. Aku tatap kedepan, beberapa juri dari Jepang dan dari Indonesia ada disana. Diikuti oleh ribuan mata penonton yang menatap satu aruh. Ya menatap kepaku :) #OHHHHH

Ketika lampu menyala hijau, akupun memulai dengan sapaan Minnasan Konnichiwaaaaaaaaaaaaaaaaa....
Semua penonton menjawab Konnichiwa..... merinding menggema seisi gedung rasanya. Akupun terus berpidato menjelasakan bahwa tembang adalah salah satu warisan budaya indonesia berupa lagu yang memiliki makna untuk kebaikan hidup. Di sela sela pidato, suara perakku melantun melengking mebisukan semua penonton disana, entah apa yang membuat mereka terdiam, padahal tembang ini karya Ibuku, ya Ibuku sendiri yang membuatkan spesial untukku :) Terima Kasih Ibu :)

Kemudian beberapa tembang seperti tembang budaya dan tembang cinta aku juga nyanyikan, serta menjelaskan makna dari tembang tersebut. Intinya saya bertujuan mempromosikan budaya Indonesia dan berkeinginan untuk memamerkan tembang kepada orang-orang Jepang dan orang-orang di seluruh dunia. Waahhh sungguh mulia #Pret!!!

Pidatopun selesai, dannnnn waktunya pertanyaan dari para juri! SUMPAH INI KETEGANGAN TINGKAT TINGGI YANG PERNAH SAYA RASAKAN, ngomong dengan orang jepang pake logat jepang. Dan pertanyaannya Indonesia no Uta to Nihon no Uta wa Dou Chigaimasuka???? Aku cuma tahu kalo dia bilang lagu Indonesia dan Jepang, sementara lanjutannya tidak mengerti sama sekali. Maka aku minta pengulangan pertanyaan, dan diulangi oleh dia dan tetap aku maknai. Okey sekarang akau tau kalau "chigaimasu" itu artinya salah, berati salahnya apa??? Lho apa salahnya antara lagu Indonesia dan Jepang?? Toh gak ada salah apa-apa. Terpaksa dipertanyaan ini, aku jawab Sumimase, watashiwa wakarimasen alias Maaf, saya tidak mengerti. Sedihlah saya disitu sedihhhhh sangat!!! Tapi juri-juri lainnya menantiku, dan Alhamdulillah aku bisa menjawab semua pertanyaan mereka dengan sangat lancar. Dan semua penonton memberikan applause untuk aku. ARIGATOU GOZAIMASU :)

Akupun langsung ke Milla Sensei, dan mohon maaf karena tidak bisa menjawab pertanyaan pertama. Dan ternyata beliau bilang kalu itu artinya "Apa bedanya lagu Indonesia dan lagu Jepang?" seketika aku langsung owalahhhhhh ternyata baru ngeh!!! Tapi Sensei bilang "gak apapa emang di SMA belum diajarkan". Haduh bener bener baik ini sensei saya ini :* 

Setelah alam menunggu sekitar 4 jam, kamipun kembali ke gedung untuk melihat teman-temanku yang ternyata dari 3 final lomba huruf kanji, 2 diantara mereka adalah teman sekelasku. Wahhhhh SUGOIIIIIIII kerennnnn!!!! Aku yang memang lemah di huruf kanji hanya bisa liat tanpa taujawabannya haahaha. Dan 2 piala sudah ditangan SMA ku karena teman temanku sudah masuk 3 besar, dan akhirnya mereka mendapat juara 2 dan 3 lomba huruf kanji, Ureshikatta ne ! Senangnya!!!

Kini giliran pengumuman lomba pidato, aku sudah sangat kecewa waktu itu karena takut tidak mendapat hasil. Tapi aku masih tetap yakin karena melihat beberapa peserta lain yang juga belum maksimal ketika berpidato. Dan akhirnya dengan peraaan senang, aku masih bisa membawa pulang juara 2 Lomba Pidato Bahasa Jepang Universitas Surabaya 2010. Omedetou Gozaimasu! Sekali lagi bahwa TIADA HASIL YANG MENGKHIANATI USAHA KITA! Yakinlah!

Alhamdulillah Juara Umum :)


Sertifikat Lomba Pidato Bahasa Jepang :)



 ALHAMDULILLAH lagi lagi aku dapat membuktikan MAN JADDAH WA JADDAH, Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil! Dan aku akan terus berjuang untuk meraih mimpi-mimpi besarku. Termasuk keinginanku pergi ke Negeri Sakura :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar